Allah SWT mewahyukan kepada
Nabi-Nya agar ia berhijrah. Lalu Nabi mulai menyiapkan sarana-sarana
untuk hijrahnya. Beliau menyembunyikan urusan tersebut bahkan beliau
tidak memberitahu sahabat yang akan menemaninya. Rasulullah saw
menyewa seorang penunjuk jalan yang pengalaman yang mengenal padang
gurun seperti mengenal garis-garis tangannya. Yang menghairankan
penunjuk jalan itu adalah seorang musyrik. Demikianlah Nabi meminta
bantuan kepada orang yang ahli tanpa memperhatikan keyakinannya.
Kemudian datanglah malam
pelaksanaan kejahatan itu. Rasulullah saw memerintahkan Ali bin Abi
Thalib untuk tidur di tempat tidumya di malam tersebut. Datanglah
pertengahan malam dan Rasulullah saw pun keluar dari rumahnya. Para
pemuda Mekah mengepung rumah. Mereka menghunuskan pedangnya. Nabi
menggenggam tanah lalu beliau melemparkannya ke arah kaum sehingga
mereka pun merasa kantuk sehingga Nabi saw dapat menembus kepungan
mereka. Beliau keluar dari Mekah dan berhijrah. Dengan langkah yang
diberkati ini, kaum Muslim menanggali tahun-tahun mereka.
Tahun dalam Islam adalah tahun
Hijrah, sedangkan kaum Masihi menanggali tahun mereka dengan
kelahiran Isa dan ini disebut dengan tahun Masihi. Adapun tahun-tahun
Islam, maka ia ditanggali pertama kalinya saat Rasulullah saw keluar
berhijrah di jalan Allah SWT. Hijrah Rasul bukan hanya lari dari
penindasan tetapi lari dari kebekuan; hijrah tersebut bukan keluar
dari keamanan tetapi keluar dari bahaya. Islam di Mekah hanya dapat
mempertahankan dirinya tetapi ketika ia keluar ke Madinah ia
mempertahankan dirinya ketika menyerang. Dan selama beberapa tahun
masa yang dihabiskan di Mekah, tak seorang dari kaum Muslim yang
mengangkat senjata. Ketika mereka keluar ke Madinah, mereka mulai
membawa senjata dan mulai menyalakan obor peperangan. Islam mulai
membawa senjata sebagaimana luka akan sembuh dengan syarat jika
diubati. Nabi saw mengetahui bahawa Islam tidak akan menghabiskan
usianya hanya untuk melawan serangan pada dirinya; Islam ingin
tersebar; Islam ingin mendirikan negaranya yang pertama yaitu suatu
negara yang belum pernah dikenal di muka bumi negara seperti itu.
Negara yang mencapai keadilan, kasih sayang, dan idealisme yang
begitu luar biasa di mana hukum Allah SWT ditegakkan dan kehormatan
manusia benar-benar
dijaga.
Inilah kedalaman hijrah yang
mengesankan yaitu pendirian negara Islam setelah sebelumnya membangun
individu masyarakat Muslim. Setelah Rasul saw membangun masyarakat
Muslim dan membangun masjid, maka beliau membangun suatu negara
Islam. Selanjutnya, sayap-sayap dakwah mengepak.
Kami kira pembaca tidak akan
bertanya, apa gunanya pembangunan masjid ditingkatkan sementara Islam
masih mengalami penindasan di muka bumi. Kami kira pembaca lebih
pintar daripada orang yang tidak mengetahui bahawa masjid yang
dibangun Rasulullah saw di Madinah bukan tempat peristirahatan dari
keletihan, tetapi masjid merupakan pusat dari kepemimpinan pergerakan
Islam dan kepemimpinan menuju peperangan Islam.
Manusia mandi di masjid dengan
cahaya Allah SWT setelah itu mereka mandi di kancah peperangan dengan
darah mereka. Pertanyaannya adalah, siapakah di antara mereka yang
akan terbunuh di jalan Allah SWT sebelum saudaranya? Demikianlah
perlumbaan dalam perbaikan terjadi di antara mereka. Dengan cara
demikianlah Islam tersebar.
Sementara itu, Nabi berlindung di
suatu gua; di gunung yang bernama Tsur. Beliau masuk ke gua itu
bersama sahabatnya Abu Bakar. Dan orang- orang musyrik pergi menyusul
beliau dengan membawa pedang mereka. Lalu mereka sampai ke gunung
itu. Abu Bakar berkata kepada Rasul saw dengan keadaan gelisah,
"seandainya salah seorang mereka melihat di bawah kakinya
nescaya mereka akan melihat kita."
Dengan tenang, Rasulullah saw
menepis kegelisahan Abu Bakar dan berkata: "Wahai Abu Bakar apa
yang kamu kira dengan dua orang yang ada di tempat yang sepi
sementara Allah SWT menjadi ketiga di antara mereka?" Sebelum
Rasulullah saw mengakhiri kalimatnya, terdapat laba- laba yang
selesai dari menenun rumahnya di atas pintu gua. Kitab-kitab sejarah
mengatakan bahawa kaum musyrik mengikuti jejak sang Nabi sehingga
mereka sampai di gunung Tsur lalu di situlah mereka mengalami
kebingungan. Mereka mendaki gunung dan mendaki gua itu. Lalu mereka
melihat di atas pintu gua itu terdapat tenunan laba-laba. Mereka
mengatakan, seandainya seseorang masuk di dalamnya nescaya tidak akan
terdapat tenunan laba-laba di atas pintunya. Beliau tinggal di gua
itu selama tiga malam.
Demikianlah keimanan tenunan
laba-laba yang lembut dimenangkan atas ketajaman pedang kaum musyrik
sehingga Nabi bersama sahabatnya pun selamat. Kini, kedua orang itu
menuju Madinah. Dan Madinah pun menyambut mereka. Ketika Rasulullah
saw dan sahabatnya memasuki Madinah, mula-mula masyarakat tidak
mengenal siapa di antara mereka yang menjadi Rasul kerana saking
baiknya sikap Rasul terhadap sahabatnya. Akhirnya, Nabi menerangi
kota Madinah. Beliau membangun masjid dan mendirikan negaranya serta
memerangi musuh-musuhnya dan tersebarlah Islam dan Mekah pun
ditaklukkan dan Baitul Haram disucikan.
Beliau menanamkan dalam akal dan
hati suatu cahaya yang tidak akan pernah padam. Kemudian
berlangsunglah sepuluh tahun yang dilewatinya di Madinah di mana
beliau tidak menggunakannya untuk berleha-leha. Demikian juga selama
masa tiga belas tahun yang beliau lalui di Mekah, beliau pun tidak
mendapatkan istirahat yang cukup. Semua kehidupan beliau hanya untuk
Allah SWT dan hanya untuk Islam. Beban berat yang dipikul oleh
punggung beliau yang mulia lebih berat dari beban yang dipikul oleh
gunung. Meskipun beliau seorang diri, tetapi beliau mampu memikul
amanat yang pernah Allah SWT tawarkan kepada langit dan bumi serta
gunung namun mereka pun enggan untuk memikulnya. kerana mereka
menyedari bahawa mereka tidak akan mampu memikulnya. Lalu datanglah
beliau dan beliau pun mampu memikul amanat itu dan melaksanakannya
secara sempurna. Yaitu amanat untuk menyampaikan agama
Allah SWT; amanat untuk
menyucikan akal manusia dari polusi khayalisme dan khurafatisme:
amanat yang mewarnai kehidupan dengan hanya sujud kepada Allah SWT.
Kemudian mengalirlah dalam memori
Nabi saw suatu arus dari gambar- gambar hidup: bagaimana saat beliau
memasuki Madinah. Lewatlah di hadapan akal beberapa memori dan
nostalgia: bagaimana wahyu yang turun kepadanya dengan membawa
risalah di gua Hira, kemudian berubahlah pandangan dan bertiuplah
angin kebencian kepadanya, bahkan angin itu membawa pasir-pasir
tuduhan-tuduhan yang dilemparkan ke wajah suci beliau. Beliau berdiri
sambil tersenyum dan hatinya dipenuhi dengan kesedihan di hadapan
gelombang gurun dan kesendirian serta badai kesengsaraan. "Wahai
manusia, tiada Tuhan selain Allah SWT. Demikianlah kalimat yang
beliau katakan. Meskipun kalimat itu tampak sederhana namun ia mampu
membangkitkan dunia. Dan bergeraklah patung-patung yang begitu banyak
yang memenuhi kehidupan dan mereka membekali dirinya dengan kegelapan
dan kebencian yang dialamatkan kepada sang Nabi. Para pembesar. para
penguasa, wang, emas, serta kebencian dan kedengkian syaitan yang
klasik dan banyaknya orang-orang munafik, semua ini menjadi musuh
nyata sang Nabi pada saat beliau mengatakan "tiada Tuhan selain
Allah SWT." Nabi mengingat kembali Waraqah bin Nofel ketika
menceritakan kepadanya apa yang terjadi dan apa yang dialami beliau
di gua Hira. Tidakkah ia mengatakan kepadanya bahawa kaumnya akan
mengusirnya?
Hari-hari hijrah sangat panjang
dan berat. Matahari sangat dekat dengan kepala dan rasa panas sangat
mencekik tenggorokan dan rasa pusing- pusing pun semakin meningkat.
Setelah hijrah, Nabi memasuki Madinah. Beliau disambut oleh kaum
Anshar dengan sambutan luar biasa. Beliau datang sendirian lalu
mereka menolongnya; beliau datang dalam keadaan takut lalu mereka
mengamankannya; beliau datang dalam keadaan lapar lalu mereka
memberinya makanan; beliau datang dalam keadaan terusir lalu mereka
memberikan perlindungan.
Bangunan
Islam mulai ditancapkan di Madinah. Beliau mulai membangun negaranya
setelah beliau membangun sumber daya manusia Islam yang tangguh. Yang
pertama kali dibangunnya adalah sumber daya Islam, setelah itu beliau
baru membangun negara. Tidak ada nilai yang bererti dari satu sistem
yang hanya berdasarkan prinsip-prinsip besar yang tidak lebih dari
sekadar tinta di atas kertas. Penerapan prinsip-prinsip adalah tolok
ukur final dari nilai apa pun yang diperlakukan di dunia. Dan Islam
telah berhasil menerapkan pada masa-masa pertamanya suatu sistem yang
belum pernah dikenal dalam kehidupan manusia suatu sistem seperti
itu. Yaitu sistem yang menunjukkan keadilan, persaudaraan, dan kasih
sayang yang mengagumkan. Hal yang pertama kali dilakukan Rasulullah
saw adalah membangun masjid di mana di situlah unta yang
ditungganginya berhenti. Masjid itu tampak sederhana. Tikarnya
terdiri dari pasir-pasir dan batu-batu. Tiangnya
terbuat dari batang-batang kurma. Barangkali ketika turun hujan, maka
tanahnya akan menjadi lumpur
kerana mendapat siraman air hujan. Mungkin ketika angin bertiup
dengan kencang, maka ia akan mencabut sebahagian dari atapnya.
Di bangunan yang sederhana ini,
Rasulullah saw mendidik generasi Islam yang tangguh yang dapat
menghancurkan orang-orang yang lalim dan para penguasa yang bejat dan
mereka mampu mengembalikan kebenaran ke singgahsananya yang terusir
dan terampas. Mereka mampu menyebarkan Islam di muka bumi. Masjid itu
tampak kecil dan sederhana sekali tetapi ia dipenuhi dengan
kebesaran; masjid itu tidak menunjukkan kemewahan sama sekali. Di
dalamnya Al-Qur'an dibaca lalu orang-orang yang mendengarnya
menganggap bahawa mereka benar dan mendapatkan perintah harian untuk
menerapkan dan melaksanakan apa- apa yang mereka dengar.
Al-Qur'an dibaca di masjid bukan
seperti nyanyian yang orang-orang duduk akan merasa terpengaruh
dengan keindahan nyanyian dan suara pembaca. Dan masjid di dalam
Islam bukanlah tempat satu-satunya untuk ibadah. Menurut kaum Muslim
semua bumi adalah masjid namun masjid adalah simbol peradaban yang
beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, sebagaimana ia menyuarakan
ilmu, kebebasan dan persaudaraan.
Semua Nabi berbicara tentang
persaudaraan dan mengajak kepadanya dengan ribuan kata-kata.
Sedangkan Rasulullah saw telah mewujudkan persaudaraan itu secara
praktis, yakni ketika karakter masyarakat saat itu mencerminkan
Al-Qur'an. Nabi mulai mempersaudarakan kaum muhajirin dan Anshar di
mana sahabat Anshar Sa'ad bin Rabi', seorang kaya dari Madinah
dipersaudarakan dengan Abdul Rahman bin 'Auf, seorang yang berhijrah
dari Mekah. Sa'ad berkata kepada Abdul Rahman: "Sesungguhnya,
tanpa bermaksud sombong, aku memang memiliki harta yang banyak
daripada kamu. Aku telah membagi hartaku menjadi dua bahagian dan
sebahagiannya aku peruntukan bagimu. Lalu aku mempunyai dua orang
wanita, maka lihatlah siapa di antara mereka yang mampu memikatmu
sehingga aku menceraikannya lalu engkau dapat menikahinya."
Abdul Rahman bin 'Auf menjawab: "Mudah-mudahan Allah SWT
memberkatimu, keluargamu, dan hartamu. Di manakah pasar yang engkau
berdagang di dalamnya?"
Abdul Rahman bin 'Auf keluar
menuju ke pasar untuk bekerja. Ia kembali dan membawa sesuatu yang
dapat dimakannya. Ia menolak dengan lembut sikap baik Sa'ad dan
kedermawanannya. Ia bersandar pada keimanan kepada Allah SWT dan
lebih memilih untuk bekerja dan membanting tulang. Tidak berlalu hari
demi hari kecuali ia tetap bekerja sehingga ia mampu untuk membekali
dirinya dan melaksanakan pernikahan.
Demikianlah masyarakat Islam
terbentuk dan menampakkan identitinya berdasarkan cinta, kebebasan,
musyawarah, dan jihad. Pekerjaan menurut Islam bukan suatu
penderitaan untuk mendapatkan roti atau potongan daging sebagaimana
dikatakan peradaban kita masa kini, tetapi pekerjaan dalam Islam
melebihi ruang lingkup materi ini dan menuju puncak yang lebih
tinggi:
"Dan katakanlah:
'Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin
akan melihat pekerjaanmu itu. " (QS. at-Taubah: 105)
Kesedaran bahawa apa yang kita
kerjakan akan di lihat oleh Allah SWT menjadikan pekerjaan itu
mendapat cita rasa yang lain. Yaitu suatu rasa yang melampaui
nikmatnya memakan roti dan daging. Setelah bekerja, datanglah cinta.
Cinta dalam Islam bukan hanya perasaan yang menetap dalam hati dan
tidak diwujudkan oleh suatu perbuatan; cinta dalam Islam merupakan
langkah harian yang akan mengubah bentuk kehidupan di sekitar manusia
menuju yang lebih tinggi dan mulia.
Seorang Muslim mencintai Tuhannya
Pencipta alam semesta dan mencintai Rasulullah saw dan mencintai kaum
Muslim dan orang-orang yang berdamai dengan orang-orang Muslim,
meskipun keyakinan mereka berbeza dengannya. Bahkan seorang Muslim
mencintai makhluk secara keseluruhan: ia mencintai anak-anak, haiwan,
bunga, pasir dan gunung bahkan benda-benda mati pun mendapat cinta
dari seorang Muslim. Seorang Muslim jika dia benar-benar seorang
Muslim akan merasakan cinta yang dialami oleh Nabi Daud terhadap alam
dan lingkungan di sekitarnya. Ini adalah perasaan sufi yang tinggi.
Seorang Muslim akan mewarisi cinta yang sebenarnya seperti yang
diwarisi Nabi Isa terhadap lingkungan yang baik yang ada di
sekitarnya di mana ketika Nabi Isa melihat tubuh anjing yang mati,
maka Nabi Isa tidak melihat selain keputihan giginya.
Demikianlah cinta yang tersebar
dalam kehidupan kaum Muslim di mana cinta itu pun tertuju kepada
binatang dan benda-benda mati. Cinta demikian ini tidak akan terwujud
dengan suatu keputusan dan tidak ditetapkan dengan suatu
undang-undang, tetapi cinta itu datang biasanya akibat dari kepuasaan
akal dan hati dengan adanya kepemimpinan besar yang hati cenderung
kepadanya dan akal mengambil darinya. Dan yang dimaksud dengan
kepemimpinan besar tersebut adalah keberadaan sang Nabi. Beliau
adalah cermin terbesar dari tingkat cinta yang tertinggi. Beliau
adalah seorang yang paling banyak berbuat demi Islam dan paling
banyak sedikit mengharapkan balasan darinya. Meskipun beliau seorang
pemimpin namun beliau hidup dalam kesederhanaan. Beliau adalah
seorang tentera yang paling sederhana. Tempat tidurnya bersih tetapi
kasar, dan rumahnya tidak menampakkan kesibukan yang di dalamnya
memasak berbagai macam hidangan. Beliau justru menyiapkan hidangan
yang sangat sederhana. Makanan utama beliau adalah roti kering yang
dicampur dengan minyak. Keinginan besar beliau adalah tersebarnya
dakwah Islam.
Kaum Muslim menyedari bahawa
kesempurnaan Islam tidak akan terwujud kecuali ketika cinta Allah SWT
dan Rasul- Nya lebih didahulukan daripada cinta diri sendiri, cinta
kepada wanita, cinta kepada anak, kepentingan, kekuasaan, kehidupan,
dan apa saja yang tidak ada hubungannya dengan Allah SWT dan
Rasul-Nya. Demikianlah kaum Muslim sangat mencintai pemimpin mereka
lebih dari kehidupan peribadi mereka. Di samping pekerjaan dan cinta
tersebut, didirikanlah pemerintahan Islam yang berdasarkan
kaedah-kaedah kebebasan, musyawarah dan
jihad.
Kebebasan dalam Islam bukan
sekadar perhiasan yang dilekatkan kepada tubuh Islam tetapi ia
merupakan tenunan dari sel-sel yang hidup itu. Allah SWT telah
membebaskan kaum Muslim dari penyembahan selain dari-Nya. Dengan
demikian, runtuhlah semua belenggu yang hinggap di atas akal, hati,
dan masyarakat. Seorang Muslim memiliki - dalam Islam - suatu
kebebasan yang diberikan kepadanya agar ia melihat sesuatu dengan
akalnya dan mendebat segala sesuatu dengan akalnya. Dan hendaklah ia
merasa puas dengan sesuatu yang dapat menenteramkan hatinya.
Kebebasan dalam Islam bukan kebebasan mutlak yang menjurus kepada
anarkisme dan diskriminasi tetapi kebebasan dalam Islam adalah
kebebasan yang bertanggungjawab.
Dalam ruang lingkup nas-nas yang
pasti yang terdapat dalam Al-Qur'an atau sunah tidak ada kebebasan di
hadapan orang Muslim selain kebebasan untuk berlumba-lumba untuk
menerapkan apa yang mereka fahami. Selain itu, seorang bebas sampai
tidak terbatas, dan pintu ijtihad tetap terbuka sampai tidak ada
batasnya, kerana pintu ijtihad adalah akal dan menutup pintu ijtihad
yakni menutup akal dan itu bererti akan membawa kematian baginya.
Islam tidak menerima orang-orang yang mati akalnya atau mengalami
kemunduran; Islam pada hakikatnya memperlakukan manusia dari sisi
akal dan hati.
"Adalah untukmu, sedang
kamu menginginkan bahawa yang tidak mempunyai kekuatan senjatalah
yang untukmu, dan Allah menghendaki untuk membenarkan yang benar
dengan ayat-ayat-Nya dan memusnahkan orang-orang kafir." (QS.
al-Anfal: 7)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar