Sedangkan tokoh-tokoh hadis,
seperti Ghazali berpendapat bahawa manusia istimewa seperti Muhammad
saw tidak mungkin terlepas dari bimbingan Ilahi dan tidak mungkin
terkena waswas sekecil apa pun yang biasa menimpa manusia biasa. Jika
suatu kejahatan menjadi suatu gelombang yang memenuhi cakerawala,
maka di sana terdapat hati yang segera memungutnya dan terpengaruh
dengannya, namun hati para nabi dengan adanya bimbingan Allah SWT
tidak akan terpanggil dan tidak terkena arus kejahatan tersebut.
Dengan demikian, usaha para nabi
terfokus pada peningkatan kemajuan atau ketinggian, bukan memerangi
kerendahan. Diriwayatkan oleh Abdillah bin Mas'ud bahawa Rasulullah
saw bersabda: "Tidak ada seseorang di antara kalian kecuali ia
diawasi oleh temannya dari kalangan jin dan temannya dan dari
kalangan malaikat." Para sahabat berkata: "Apakah hal itu
juga berlaku kepadamu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Ya,
tetapi Allah SWT membantuku, sehingga ia berserah diri dan tidak
memerintahkan kepadaku kecuali dalam kebaikan."
Begitulah sikap orang-orang yang
dahulu dan para ahli hadis berkaitan dengan peristiwa pembelahan
dada. Kami kira bahawa kejadian yang luar biasa tersebut berhubungan
dengan persiapan Nabi untuk melalui Isra' dan Mi'raj. Ia merupakan
perjalanan di mana Rasulullah saw akan menebus alam angkasa dan akan
mencapai alam langit. Kemudian beliau akan melampaui alam ini,
sehingga sampai di Sidratul Muntaha yang di sana terdapat Janatul
Ma'wah.
Pandangan
tersebut kembali kepada pendapat kami yang mengatakan bahawa
peristiwa pembelahan dada berulang lebih dari sekali saat Rasul saw
mencapai usia lima puluh tahun. Dan
peristiwa pembelahan dada terjadi kedua kalinya pada malam Isra' dan
Mi'raj.
Bukhari meriwayatkan dari Malik
bin Sh'asha'a bahawa Rasulullah saw menceritakan kepada mereka
peristiwa malam Isra' di mana beliau bersabda: "Ketika aku
berada di Hathim - atau beliau berkata di Hijr - saat aku dalam
keadaan antara tidur dan bangun, maka seorang datang kepadaku lalu ia
membelah antara ini dan ini. Yaitu antara kerongkongan dan perutnya.
Beliau melanjutkan: Lalu ia mengeluarkan hatiku dan membawa mangkok
dari emas yang penuh dengan keimanan lalu ia menyuci hatiku. Kemudian
diulanginya."
Kami kira bahawa pembelahan dada
merupakan bentuk simbolis yang menunjukkan kesucian Rasul saw dan
sebagai bentuk penyiapannya untuk melalui Isra' dan Mi'raj. Itu
merupakan pemberitahuan dari Ilahi bahawa anak ini akan mencapai
suatu kedudukan yang belum pernah dicapai oleh manusia dan tidak akan
dicapai manusia sesudahnya. Setelah peristiwa pembelahan dada,
berubahlah kehidupan anak kecil itu di mana sebahagian besar waktunya
digunakan untuk merenung dan menyendiri. Dari roman wajahnya tampak
keseriusan yang biasanya menghiasi wajah orang-orang dewasa.
Berlalulah
hari demi hari, tahun demi tahun dan Selesailah masa menetapnya
bersama Halimah di dusun Bani Sa'ad. Beliau sangat terpengaruh dan
sangat terkesan dengan keadaan di sana. Diriwayatkan bahawa beliau
pernah mengingat masa kecilnya di Bani Sa'ad dan beliau
membanggakannya. Beliau menyebutkan pengorbanan mereka dan sikap
mereka yang baik. Beliau berkata: "Aku termasuk dari Bani Sa'ad,
tanpa bermaksud menyombongkan diri. Jika
mereka berhadapan atau menyaksikan salah seorang mereka lapar, maka
mereka akan membagi makanan di antara mereka."
Kemudian Muhammad bin Abdillah
kembali ke Mekah saat usianya lima tahun. Beliau hidup beberapa hari
bersama ibunya di mana si ibu merasakan kesedihan yang dalam atas
kepergian ayahnya. Sesuai janji untuk mengingat ayahnya yang telah
pergi, Aminah menetapkan untuk mengunjungi kuburannya di Yatsrib.
Jarak antara Mekah dan Yatsrib lebih dari lima ratus kilo meter di
gurun yang kering yang jauh dari tanda- tanda kehidupan. Anak itu
menempuh perjalanan yang berat. Setelah perjalanan yang berat ini,
Muhammad bin Abdillah tinggal di tempat paman-paman dari ibunya di
Madinah selama satu bulan. Muhammad melihat rumah yang di situ
ayahnya meninggal sebelum ia dilahirkan. Ia berziarah bersama ibunya
ke kuburan yang sederhana yang ayahnya dikuburkan di dalamnya.
Mula-mula fikirannya terfokus pada keadaan yatim sambil ia mulai
memperhatikan linangan air mata ibunya yang diam.
Selesailah masa satu bulan
keberadaannya di sisi paman-pamannya. Kemudian ibunya menemaninya
untuk kembali ke Mekah. Kedua anak manusia itu sampai di pertengahan
jalan. Muhammad bin Abdillah tidak mengetahui rahsia kepucatan wajah
ibunya. Lalu malaikat maut turun di suatu tempat yang bernama Abwa.
Di situlah Aminah binti Wahab telah bertemu dengan kekasihnya, Allah
SWT.
Sang ibu meninggal dan
meninggalkan anak satu-satunya bersama seorang pembantu. Pembantu itu
menampakkan rasa kasihnya terhadap anak kecil yang kehilangan ayahnya
saat masih janin dan kehilangan ibunya saat berusia enam tahun.
Muhammad bin Abdillah kini menjadi sendiri dan ia dalam keadaan
menangis. Ia mencapai kematangan setelah ia melewati kesedihan
kehidupan dan kerasnya kehidupan sebagai anak yatim.
Rasulullah saw pernah ditanya
setelah masa diutusnya: "Bagaimana pandanganmu?" Beliau
menjawab: "Pengetahuan adalah modalku. Akal adalah dasar
agamaku. Cinta adalah pondasiku. Zikrullah adalah kesenanganku. Dan
kesedihan adalah temanku."
Allah SWT telah menyiramkan
kepadanya sungai-sungai kesedihan sehingga beliau dapat memberikan
kepada manusia buah dari kegembiraan dan ketulusan.
Anak
kecil itu kembali ke Mekah dalam keadaan sedih dan ia tampak terpaku.
Lalu
Abdul Muthalib, datuknya menampakkan cinta yang luar biasa dan
penghormatan padanya. Setelah dua tahun ketika Muhammad bin Abdillah
berusia delapan tahun, maka meninggallah salah satu benteng yang
terbaik yang menjaganya, yaitu datuknya Abdul Muthalib. Kemudian
anak kecil itu kini merenungi datuknya laksana orang dewasa. Ia
tampak tegar seperti layaknya orang dewasa.
Kita tidak mengetahui mengapa
terjadi demikian. Mengapa hikmah Allah SWT mencegah Nabi yang
terakhir untuk mendapatkan kasih sayang seorang ayah, kasih sayang
seorang ibu, dan bimbingan seorang datuk? Apakah Allah SWT ingin
memberi Nabi yang terakhir suatu kasih sayang dan cinta yang
semata-mata bersumber dari sisi-Nya? Apakah Allah SWT ingin
mendidiknya dengan kesedihan dan memberinya perasaan-perasaan yang
penuh dengan penderitaan? Apakah Allah SWT ingin membuat hati
Rasul-Nya hanya tertuju kepadanya? Dahulu Allah SWT berkata kepada
Musa:
"Dan Aku telah memilihmu
untuk diri-Ku." (QS. Thaha: 41)
Dahulu Allah SWT memberi khabar
gembira kepada Musa di dalam Taurat sebagaimana Isa memberi khabar
gembira di dalam Injil dengan kedatangan seorang Nabi setelahnya yang
bernama Ahmad. Dan Nabi Musa meminta kepada Tuhannya agar memberinya
dan memberi umatnya puncak keutamaan, lalu Allah SWT menjawab bahawa
Dia telah menetapkan keutamaan ini kepada Nabi yang terakhir Ahmad
dan umatnya.
Allah SWT telah memilih Musa
untuk diri-Nya. Meskipun Demikian, Dia tidak mencegahnya untuk
mendapatkan kasih sayang seorang ibu dan mendidiknya di tengah-tengah
keluarganya. Namun Dia berkehendak untuk menjadikan Nabi yang
terakhir tercegah dari mendapatkan kasih sayang seorang manusia dan
cinta seorang manusia, sehingga Nabi tersebut hanya mendapatkan kasih
sayang Ilahi dan cinta Ilahi.
Allah SWT berfirman menceritakan
tentang keadaan Rasul terakhir:
"Bukankah Dia mendapatimu
sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu. Dan Dia mendapatimu
sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. Dan Dia
mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan
kecukupan. Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku
sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta, maka
janganlah kamu mengherdiknya. Dan terhadap nikmat Tuhanmu maha
hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur). " (QS.
ad-Dhuha: 6- 11)
Makna ayat tersebut secara
harfiah adalah bahawa beliau dalam keadaan yatim lalu Allah SWT
melindunginya; beliau dalam keadaan tersesat lalu Allah SWT
memberinya petunjuk; beliau dalam keadaan fakir lalu Allah SWT
memampukannya. Allah SWT melindunginya dengan mengasuhnya,
membimbingnya, dan mencukupinya. Itu adalah darjat keutamaan yang
tidak pernah dicapai oleh seseorang pun di dunia.
Setelah kematian datuknya, maka
pamannya Abu Thalib mengasuhnya. Allah SWT telah meletakkan kecintaan
pada hati pamannya, sehingga pamannya mengutamakan Muhammad saw
daripada anak-anaknya dan memuliakannya serta menghormatinya, bahkan
Abu Thalib mendudukkannya di ranjangnya yang biasa dibentangkannya di
hadapan Ka'bah di mana tidak ada seorang pun yang duduk selainnya.
Muhammad bin Abdillah hidup di
jantung gurun Mekah sebagai seorang yang memiliki kesedaran yang
tinggi di antara kaum yang sedang lalai dan kaum yang mabuk-mabukan
dan para penyembah berhala serta para pedagang minuman keras dan para
syair dan orang-orang yang berperang dan tokoh-tokoh kabilah.
Muhammad bin Abdillah seorang
yang banyak diam dan ketika usianya semakin dewasa, maka ia bertambah
banyak diam. Beliau tidak berbicara kecuali jika diajak seseorang
berbicara; beliau tidak terlibat dalam permainan hura-hura anak-anak
muda; beliau merasakan kesedihan yang dalam; beliau sering menyendiri
dan membuka matanya di hamparan pasir-pasir. Mulutnya terdiam dan
akalnya berfikir. Beliau merenungkan di masa kecilnya bagaimana
kaumnya bersujud terhadap berhala dan terpukau dengannya; bagaimana
orang-orang berakal mau bersujud kepada batu-batu yang tidak
memberikan mudarat dan manfaat dan tidak berbicara serta tidak dapat
melakukan apa-apa. Beliau mewarisi dari datuknya Ibrahim kebencian
yang fitri terhadap dunia berhala dan patung.
Di dalam dirinya terdapat
penghinaan yang besar terhadap sembahan- sembahan dari batu ini,
suatu penghinaan yang menjadikannya tidak mau mendekat selama-lamanya
terhadap patung tersebut. Namun hatinya yang besar dipenuhi dengan
kesedihan yang lebih hebat dari kesedihan datuknya Ibrahim. Beliau
sedih kerana akal manusia menyembah batu dan emas, kesombongan serta
kekuasaan penguasa; beliau mendengar apa yang dikatakan manusia dan
mengamat-amati urusan kehidupan dan keadaan masyarakat; beliau juga
menyaksikan betapa banyak pertentangan dan perkelahian di antara
manusia yang justru disebabkan oleh masalah-masalah yang sepele,
sehingga kehairanan beliau semakin bertambah dan sudah barang tentu
kesedihannya pun semakin dalam. Tidakkah manusia mengetahui bahawa
mereka akan mati seperti ayahnya, ibunya, dan datuknya? Mengapa
mereka menimbulkan pertentangan ini, hingga mereka mendapatkan lebih
banyak kejahatan?
Ketika usianya semakin bertambah,
maka bertambahlah kezuhudannya dalam hidup, dan sepak terjangnya
terus bersinar memenuhi penjuru Mekah. Beliau tidak sama dengan
seseorang pun dari kalangan pemuda saat itu. Meskipun kami kira
bahawa kesedihannya disebabkan oleh hal- hal yang umum, tetapi beliau
tidak mengungkapkan kegelisahan hatinya pada seseorang pun. Beliau
belum bertujuan untuk memperbaiki masyarakat atau kemanusiaan. Benar
bahawa pertanyaan-pertanyaan kritis timbul dalam benaknya dan ingin
segera menemukan jawapan, tetapi akalnya sendiri tidak dapat
menemukan jawapan atau jalan keluar. Inilah yang dimaksud dengan
makna ayat:
"Dan Dia mendapatimu
sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk."
(QS. adh-Dhuha: 7)
Yang dimaksud ad-Dhalal
(kesesatan) di sini ialah kebingungan akal dalam menafsirkan
kejahatan dan usaha melawannya kerana ketiadaan senjata dan kecilnya
usia. Semua itu justru menambah sikap diam anak kecil itu dan
menjauhkannya dari dunia yang akan mencemari akal, sehingga akalnya
selamat dari segala noda dan tetap di bawah naungan kejernihannya.
Anak kecil itu tetap jauh dari
dosa-dosa yang dilakukan oleh kaumnya yang berupa kecenderungan untuk
menyembah berhala dan cinta kekuasaan dan kebanggaan. Ia selalu
mendekat dan lebih mendekat kepada hakikatnya yang suci; ia mampu
mempengaruhi orang lain dengan jiwanya yang bersih dan rahmatnya atau
kasih sayangnya tertuju kepada manusia, bahkan kepada binatang dan
burung. Ketika ia duduk akan makan lalu ada burung merpati
berkeliling di seputar makanannya maka ia meninggalkan makanannya
untuk burung itu. Pada saat orang-orang memukul anjing yang mendekat
kepada makanan mereka, maka ia justru mencabut suapan yang ada di
mulutnya dan memberikannya pada anjing, kucing, anak-anak kecil, dan
orang-orang fakir. Bahkan seringkali di waktu malam ia tidur dalam
keadaan lapar kerana ia memberikan makanannya ke orang lain.
Muhammad saw adalah seorang fakir
yang harus bekerja agar dapat makan, maka beliau bekerja sebagai
penggembala kambing, seperti Nabi Daud, Nabi Musa, dan nabi-nabi yang
lain yang diutus oleh Allah SWT. Kemudian beliau melakukan perjalanan
bersama kafilah pamannya Abu Thalib menuju Syam saat beliau berusia
tiga belas tahun. Beliau menyaksikan keadaan umat-umat yang lain,
maka kehairanannya semakin bertambah terhadap masa Jahilliyah ini.
Ketika beliau menyaksikan orang-orang tersesat, maka kesedihannya
semakin bertambah dan hatinya semakin tersentuh dan fikirannya
semakin dalam.
Pada saat perjalanan menuju ke
Syam ini terjadi suatu peristiwa terhadap anak kecil itu. Kemungkinan
besar itu justru menambah kebingungannya. Seorang pendeta yang
bernama Buhaira berdiri di jendela rumah yang menjadi tempat
peribadatannya di Suria. Tiba-tiba ia memperhatikan suatu awan putih
- tidak seperti biasanya - yang menghiasi langit yang biru. Saat itu
udara sangat terang, sehingga munculnya awan tersebut sangat
menghairankan. Kemudian pandangan Buhaira yang tertuju ke langit,
kini tertuju ke bumi di mana ia mendapati awan itu menyerupai burung
yang putih yang menaungi kafilah kecil yang menuju ke arah utara.
Buhaira memperhatikan bahawa awan tersebut mengikuti kafilah.
Jantung Buhaira berdebar dengan
keras kerana ia mengetahui melalui buku-buku peninggalan kaum Masehi
yang otentik bahawa seorang nabi akan muncul ke dunia setelah Isa.
Sifat dan khabar nabi tersebut diceritakan dalam buku-buku kuno.
Buhaira segera meninggalkan tempatnya, lalu ia segera memerintahkan
untuk menyiapkan makanan yang besar. Kemudian ia mengutus seseorang
untuk menemui kafilah tersebut dan mengundang mereka untuk jamuan
makan. Salah seorang mereka berkata dengan nada bercanda kepada
Buhaira: "Demi Lata dan 'Uzza, engkau hari ini tampak lain wahai
Buhaira. Engkau tidak pernah melakukan demikian kepada kami, padahal
kami telah melewati dan singgah di tempat ini lebih dari sekali. Ada
peristiwa apa gerangan wahai Buhaira?"
Buhaira
menjawab: "Hari ini kalian adalah tamu-tamuku." Pertanyaan
orang tersebut tidak dijawab dengan terang-terangan. Ia sengaja
menghindarinya dan tidak menyingkapkan rahsia kemuliaan yang
datangnya tiba-tiba ini. Buhaira memberi makan mereka dan mulai
memperhatikan di antara mereka adanya seseorang yang memiliki tanda-
tanda yang dibacanya dalam kitab-kitabnya yang kuno tentang seorang
rasul yang ditunggu. Namun ia tidak menemukannya, hingga ia bertanya
kepada mereka: "Wahai kaum Quraisy, apakah ada seseorang yang
tidak hadir bersama jamuanku ini?" Mereka menjawab: "Benar,
ada seseorang yang tidak ikut bersama kami. Kami meninggalkannya
kerana ia masih kecil." Buhaira berkata: "Sungguh aku telah
mengundang kamu semua. Panggillah
ia supaya hadir bersama kami dan memakan makanan ini." Salah
seorang lelaki dari kaum Quraisy berkata: "Demi Lata dan 'Uzza,
sungguh tercela bagi kami untuk meninggalkan Muhammad bin Abdillah
bin Abdul Muthalib dari jamuan yang kami diundang di dalamnya.
Pamannya meminta maaf kerana
Muhammad masih kecil, kemudian sebahagian mereka berdiri dan
menghadirkannya. Belum lama Buhaira memandangi kejernihan dua mata
Muhammad, sehingga ia mengetahui bahawa ia telah mendekati tujuannya.
Buhairah terpaku ketika memandangi Muhammad bin Abdillah sehingga
kaum selesai makan dan mereka berpisah.
Muhammad bin Abdillah duduk
sendirian. Buhaira menghampirinya dan berkata: "Wahai anak
kecil, demi kedudukan Lata dan 'Uzza, sudikah kiranya engkau
memberitahu aku terhadap apa yang aku tanyakan kepadamu?"
Buhaira ingin mengetahui sikap anak ini terhadap berhala kaumnya.
Anak kecil itu menjawab: "Jangan engkau bertanya kepadaku
tentang Lata dan 'Uzza. Demi Allah, tidak ada sesuatu yang lebih aku
benci daripada keduanya." Buhaira berkata: "Dengan izin
Allah aku ingin bertanya kepadamu." Anak kecil itu menjawab:
"Tanyalah apa saja yang terlintas di benakmu."
Buhaira bertanya kepada anak
kecil itu tentang keluarganya, kedudukannya di tengah-tengah kaumnya,
mimpinya dan pendapat- pendapatnya. Dialog tersebut terjadi jauh dari
pantauan kaum kerana mereka tidak akan diam ketika mendengar bahawa
Muhammad membenci berhala-berhala mereka. Kemudian Muhammad menjawab
pertanyaan-pertanyaan Buhaira dengan yakin, hingga membuat Buhaira
mantap bahawa ia sekarang duduk bersama seorang Nabi yang khabar
berita gembiranya disampaikan oleh Nabi Isa sebagaimana disampaikan
oleh nabi-nabi dari kaum Israil dari kaum Nabi Musa. Setelah itu, ia
bangkit meninggalkan anak kecil itu dan menuju ke Abu Thalib ia
bertanya tentang kedudukan anak kecil itu di sisinya. Abu Thalib
menjawab: "Ia adalah anakku." Buhaira berkata: "Tidak
mungkin ayahnya masih hidup." Abu Thalib berkata: "Benar.
Ia anak saudaraku. Ayahnya dan ibunya telah meninggal." Buhaira
berkata: "Engkau benar, kembalilah kamu ke negerimu dan
hati-hatilah dari kaum Yahudi." Abu Thalib bertanya tentang
rahsia dari apa yang dikatakan oleh pendeta itu. Pendeta itu mulai
mengetahui bahawa ia telah berbicara lebih dari yang semestinya. Lalu
ia berkata: "Ia akan memiliki kedudukan tertentu." Buhaira
tidak menjelaskan lebih dari itu dan ia tidak menentukan kedudukan
yang dimaksud.
Lalu berlalulah peristiwa
tersebut tanpa terlintas dari benak seseorang atau tanpa menggugah
kesedaran di antara mereka. Kisah tersebut tidak membawa pengaruh
berarti bagi kafilah atau kepada Nabi sendiri. Kafilah menganggap
bahawa penghormatan pendeta kepada Muhammad bin Abdillah dan
memberitahunya akan kedudukan yang akan disandangnya adalah
semata-mata basa-basi yang biasa diucapkan di atas meja makan ketika
para tamu memuji kedermawanan tuan rumah. Dan sebagai balasannya,
orang yang mengundang akan memuji akhlak para pemuda mereka. Alhasil,
peristiwa tersebut tidak membawa pengaruh apa pun, baik bagi Muhammad
mahupun bagi sahabat-sahabat yang ikut dalam kafilah, sehingga mereka
tidak mengetahui rahsia perkataan pendeta dan mereka tidak
menyebarkan pembicaraan yang mereka dengar darinya. Peristiwa itu
tersembunyi meskipun ia sungguh sangat membingungkan Muhammad.
Apa gerangan yang terjadi antara
dirinya dan orang-orang Yahudi, sehingga pendeta perlu mengingatkan
pamannya dari ancaman mereka? Apa kedudukan yang akan dikembangnya
seperti yang diceritakan oleh pendeta itu? Dan apa hubungan semua ini
dengan kesedihan- kesedihannya yang dalam serta kebingungannya?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut sedikit demi sedikit berputar di
benaknya. Kemudian seperti biasanya kafilah tersebut kembali ke
Mekah. Muhammad kembali menuju keterasingannya. Ia memperhatikan
keadaan alam di sekitarnya. Kemudian ia melihat kembali
penderitaannya; ia berusaha untuk mendapatkan kehidupannya; ia
mengabdi kepada manusia dan mengorbankan apa saja demi kemuliaan
mereka.
Hari demi hari berlalu. Muhammad
saw tampil dengan pakaian ketulusan kasih sayang, dan amanah serat
cinta, sebagaimana pelita dipenuhi oleh cahaya, sehingga kejujurannya
terkenal di tengah-tengah kaumnya. Bahkan kejujuran dan amanatnya
tidak bakal diragukan oleh seseorang pun dari penduduk Mekah. Dan
ketika beliau datang dengan membawa risalahnya dan beliau ditentang
majoriti masyarakatnya, namun tak seorang pun yang berani meragukan
kejujurannya. Mereka hanya menuduh bahawa ia terkena sihir atau
kesedarannya telah hilang.
Pada tahun ketiga belas dari masa
kenabian, ketika semua kabilah sepakat untuk membunuhnya dan
mengucurkan darahnya di antara para kabilah dan mereka mengepung
rumahnya, maka di saat situasi yang sulit ini beliau menetapkan untuk
berhijrah. Tetapi sebelumnya beliau mewasiatkan kepada Ali bin Abi
Thalib, anak pamannya untuk tetap tinggal di rumahnya agar ia dapat
mengembalikan amanat yang dititipkan oleh semua musuhnya dan para
sahabatnya. Ini beliau maksudkan agar Ali dapat menyerahkan amanat
tersebut di waktu pagi kepada para pemiliknya. Anda dapat melihat
betapa para musuhnya merasa aman terhadap harta mereka ketika dijaga
oleh Muhammad saw.
Hari demi hari berlalu dan tahun
demi tahun pun lewat. Sementara itu, kesucian dan kejujuran Muhammad
saw semakin meningkat. Dan di tengah lautan keheningan yang mencekam,
ketika Muhammad bin Abdillah menyebarkan layar perahunya yang putih,
maka ia harus menemui hakikat azali yang bertemu dengan-nya semua
nabi dan rasul. Muhammad bin Abdillah mengetahui bahawa alam yang
besar ini mempunyai Tuhan Pengatur dan Pencipta; Tuhan yang Maha Satu
dan yang tiada tuhan selain-Nya.
Muhammad dijauhkan dari suasana
kenikmatan dan foya-foya yang biasa dilakukan oleh para pemuda
seusianya. Dan ketika pemuda Mekah berbangga-bangga dengan banyaknya
minuman keras yang mereka minum dan banyaknya bait-bait syair yang
mereka katakan tentang wanita, maka Muhammad bin Abdillah telah
menemukan jati dirinya di suatu gua yang tenang di gunung yang besar.
Ia memilih untuk menghabiskan waktunya di dalam keheningan gua
tersebut. Ia merenung dengan hatinya tentang keadaan alam; ia
memikirkan keagungan rahsia-rahsianya dan rahmat Penciptanya serta
kebesaran-Nya.
Pada tahun yang kedua puluh lima,
beliau mengenal Ummul Mu'minin, isterinya yang pertama, yaitu
Khadijah binti Khuwailid yang saat itu berusia empat puluh tahun.
Khadijah adalah wanita yang mulia dan mempunyai cukup harta. Ia
berdagang dan suaminya telah meninggal. Banyak orang yang
mendekatinya dengan alasan untuk mendapatkan kekayaannya. Khadijah
mencari seseorang laki-laki yang dapat membawa harta dagangannya
menuju Syam, lalu Khadijah mendengar berita yang cukup banyak
berkenaan dengan kejujuran dan amanat serta kesucian Muhammad bin
Abdilah. Akhirnya, Khadijah mengutus Muhammad saw untuk membawa
barang dagangannya. Muhammad saw pergi dalam perjalanannya yang kedua
ke Syam saat beliau berusia dua puluh lima tahun. Allah SWT
memberkati perjalanannya di mana beliau kembali dengan membawa
keuntungan yang berlipat ganda yang diserahkannya kepada Khadijah.
Muhammad saw tidak peduli dengan harta Khadijah dan tidak peduli
kepada kecantikannya; Muhammad saw hanya memandang kemuliaan yang
dipegangnya. Kemudian Khadijah merasakan getaran cinta terhadap
Muhammad saw. Dan Akhirnya, ia mengutarakan keinginan untuk menikah
dengannya, hingga Muhammad saw pun setuju.
Paman Muhammad saw, Abu Thalib
berdiri dan menyampaikan khutbah pada saat perayaan perkawinannya:
Muhammad saw tidak dapat dibandingkan dengan seorang pun dari kaum
Quraisy kerana ia adalah seorang yang mulia, baik dari sisi akal
mahupun rohani. Meskipun ia seorang yang fakir namun harta adalah
naungan yang akan hilang dan benda yang bersifat sementara.
Setelah menikah, Muhammad saw
justru mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk merenung dan
menyendiri serta beribadah. Kemudian kehidupan yang dijalaninya
justru meningkatkan kemuliaannya, sehingga keutamaannya tersebar di
sana sini. Beliau tidak pernah terlibat dalam pergelutan yang keras
untuk memperebutkan materi-materi dunia. Beliau selalu menggunakan
akal sehatnya daripada terlibat dalam kesesatan mereka dan kegelapan
berhala yang menyelimuti banyak orang pada saat itu. Kemudian usianya
kini mendekati empat puluh tahun.
Setelah
merasakan kesunyian di tengah-tengah masyarakat, beliau lebih memilih
untuk menjauh dari mereka. Beliau mencari-cari hakikat, sehingga
Allah SWT membimbingnya untuk menyendiri di gua Hira. Akhirnya,
beliau dapat keluar dari Mekah. Beliau berjalan beberapa mil.
Kemudian beliau mulai mendaki dan mendaki. Setiap kali ia mendaki
gunung, maka tempat itu semakin luas. Udara
tampak lembut dan tersingkaplah hijab, dan pandangan semakin
terbentang. Kemudian beliau memasuki gua. Keheningan menyelimuti
segala sesuatu, namun hati tetap sadar dan tidak ada sesuatu yang
dapat menghalang-halangi pandangan internal yang dalam. Dalam suasana
kesunyian terkadang lahirlah pemikiran-pemikiran yang cemerlang yang
kemudian menyebarkan sayap-sayapnya dan membumbung, pertama-tama di
atas angkasa gua lalu tersebar menuju ke tempat yang lebih luas.
Tidak ada sesuatu pun yang membatasinya atau mengekang kebebasannya.
Kita tidak mengetahui
fikiran-fikiran apa yang terlintas pada manusia termulia dan terbesar
di atas bumi itu saat beliau duduk di gua Hira beberapa bulan. Apa
yang beliau fikirkan dan apa gerangan yang beliau risaukan? Mimpi apa
yang ada di benaknya dan perasaan-perasaan apa yang lahir dalam
hatinya? Bagaimana keadaan batu-batu yang ada di sisinya? Apakah
atom-atom batu yang berputar di sekelilingnya menyahuti tasbihnya
yang diam, seperti atom-atom batu yang bersahut- sahutan bersama Daud
saat ia membaca kitabnya Zabur.
Kami tidak mengetahui secara
pasti bentuk kelahiran yang terjadi dalam dirinya. Yang kita ketahui
adalah bahawa beliau tidak berfikir tentang kenabian dan beliau tidak
berfikir untuk memberikan petunjuk kepada manusia; beliau tidak
melakukan praktik-praktik sufisme kerana beliau sudah menjadi seorang
sufi sebelum diutus di tengah-tengah manusia. Kemudian Allah SWT
memilihnya sebagai Nabi lalu beliau meninggalkan uzlahnya dan turun
ke medan serta membawa senjata. Beliau mempertahankan kebenaran,
sehingga beliau bertemu dengan Tuhannya. Mula-mula lahirlah tasawuf
dan setelahnya lahirlah jihad di jalan Allah SWT. Tasawuf
bukanlah puncak atau hasil
sebagaimana diyakini oleh manusia sekarang, tetapi ia adalah
permulaan jalan yang panjang di mana pada akhirnya yang bersangkutan
menggunakan senjata sebagai bentuk usaha untuk membela manusia dan
kehormatannya.
Pada
suatu hari beliau duduk di gua Hira dan tiba-tiba beliau dikejutkan
dengan kedatangan Jibril yang berdiri di depan pintu gua. Malaikat
tersebut memeluknya erat-erat lalu memerintahkannya untuk membaca
sambil berkata: "Bacalah!" Muhammad bin Abdillah menjawab:
"Aku tidak mampu membaca." Beliau ingin mengatakan bahawa
beliau tidak mengenal bacaan dan tulisan. Kalau begitu, apa yang
harus beliau baca? Malaikat kembali memeluknya dengan kuat sehingga
Rasulullah saw menganggap bahawa ia meninggal. Kemudian malaikat
melepasnya dan memerintahkannya untuk membaca. Beliau kembali
menjawab: "Aku tidak bisa membaca." Malaikat
yang mulia kembali memeluknya dan kembali memerintahkan untuk
membaca. Dan lagi-lagi Rasulullah saw menjawab dengan gementar: "Apa
yang aku baca?" Kemudian
Jibril membaca permulaan ayat-ayat yang turun kepada beliau:
"Bacalah dengan
(menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan
manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu lah Yang Paling
Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia
mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (QS.
al-'Alaq: 1-5)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar